Fish

Selasa, 22 Oktober 2013

Perbedaan Akuntansi Konvensional dengan Akuntansi Syariah



Perkembangan dunia, termasuk dalam hal pengakuan dalam akuntansi sudah semakin banyak dan beraneka macam. Akuntansi yang selama ini dikenal lebih kepada akuntansi konvensional , akan tetapi saat ini sudah mulai banyak bermunculan entitas-entitas syariah yang tentunya masih ada yang terdominasi dengan bentuk dari akuntansi konvensional sendiri. Oleh sebab itu, berikut adalah perbedaan pandangan secara umum antara akuntansi konvensional dan syariah menurut Husein Syahatah, dalam buku Pokok-Pokok Pikiran Akuntansi Islam, 

Akuntansi Konvensional
Akuntansi Syariah
Menentukan Nilai atau Harga untuk Melindungi Modal Pokok
Modal pokok (kapital) belum ditentukan.
Penilaian berdasarkan nilai tukar yang berlaku, dengan tujuan melindungi modal pokok dari segi kemampuan produksi di masa yang akan datang dalam ruang lingkup perusahaan yang kontinuitas
Modal
Terbagi menjadi dua bagian, yaitu modal tetap (aktiva tetap) dan modal yang beredar (aktiva lancar).
Dibagi menjadi harta berupa uang (cash) dan harta berupa barang (stock), selanjutnya barang dibagi menjadi barang milik dan barang dagang
Mata Uang
Menjadi penentuan guna pengukuran dan penentuan nilai
Sifatnya sama kedudukannya, bukanlah tujuan dari segalanya, melainkan hanya sebagai perantara untuk pengukuran dan penentuan nilai atau harga, atau sebagi sumber harga atau nilai
Teori Pencadangan
Menanggung semua kerugian dalam perhitungan, serta mengenyampingkan laba yang bersifat mungkin
Sangat memperhatikan hal itu dengan cara penentuan nilai atau harga dengan berdasarkan nilai tukar yang berlaku serta membentuk cadangan untuk kemungkinan bahaya dan resiko
Konsep Laba
Menerapkan prinsip laba universal, mencakup laba dagang, modal pokok, transaksi, dan juga uang dari sumber yang haram
Dibedakan antara laba dari aktivitas pokok dan laba yang berasal dari kapital (modal pokok) dengan yang berasal dari transaksi, juga wajib menjelaskan pendapatan dari sumber yang haram jika ada, dan berusaha menghindari serta menyalurkan pada tempat-tempat yang telah ditentukan oleh para ulama fiqih. Laba dari sumber yang haram tidak boleh dibagi untuk mitra usaha atau dicampurkan pada pokok modal
Prinsip Laba
Menerapkan prinsip bahwa laba itu hanya ada ketika adanya jual-beli
Memakai kaidah bahwa laba itu akan ada ketika adanya perkembangan dan pertambahan pada nilai barang, baik yang telah terjual maupun yang belum. Akan tetapi, jual beli adalah suatu keharusan untuk menyatakan laba, dan laba tidak boleh dibagi sebelum nyata laba itu diperoleh.



Sumber : http://kismawadi.blogspot.com/2009/01/perbedaan-akuntansi-syariah.html, diakses pada tanggal 23 Oktober 2013.

Sabtu, 19 Oktober 2013

Bisnis 'Hotel Syariah'

Banyaknya destinasi wisata yang ada di Indonesia membuat semakin banyak pula rawaran para pengusaha untuk memiliki usaha penginapan, khususnya adalah hotel. Di Indonesia, hotel sudah begitu sangat banyak dengan berbagai tingkat hotel bintang 5 yang paling exclusive juga dengan hotel-hotel kecil lainnya. Akan tetapi, saat ini banyak sekali yang menganggap miring tentang keberadaan hotel khususnya hotel yang sifatnya masih kecil. Anggapan akan banyaknya orang yang memboking hotel oleh sepasang yang bukan muhrim, menyediakan diskotik, dan lain-lain. Hal ini tentu sangat mengganggu, tetapi, saat ini hadir hotal yang berkonsepkan yaitu 'Hotel Syariah'. Kini prospek hotel syariah seiring dengan maraknya trend bank syariah. Terbukti di tengah lesunya bisnis hotel tak menggoyahkan eksistensi, justru permintaan stabil di atas 70% tingkat hunian, dan ini cukup menguntungkan mengingat biaya operasional hotel pada umumnya 35% dari tingkat hunian. Keuntungan menginap di hotel syariah mudah ditebak: Dijamin bebas PSK, dijamin hanya menyediakan makanan dan minuman halal, dilarang sekamar untuk tamu non-muhrim, tersedia quran dan sajadah dalam kamar, tersedia musholla dalam hotel yang mengumandangkan adzan 5 waktu. Juga tidak ada diskriminasi agama, keluarga dari tamu hotel merasa tenang, semua crew hotel berpakaian sopan, serta taat pajak.

Biasanya crew hotel menolak tamu dengan santun jika curiga calon tamu melanggar syariah. Penolakan dilakukan dengan alasan kamar penuh alias fully-booked. Kesan modern juga nampak di mana teknologi modern hadir di dalamnya baik untuk managemen informasi maupun sistem reservasi. Sehingga kesan kumuh dan kolot tidak nampak seperti halnya pada hotel-hotel syariah kelas bawah. 

Selain itu, ada bentuk persyaratan dalam membangun Hotel Syariah, ada beberapa aspek, unsur dan sub unsur kategori Hotel Syariah, seperti dalam pembahasan Peraturan Menteri (Permen) Parawisata dan Ekonomi Kreatif tentang Pedoman Usaha Hotel Syariah.  Aspek itu meliputi: produk, pelayanan dan pengelolaan. Seperti dijelaskan sebelumnya, usaha hotel syariah terbagi menjadi dua kategori: (1) Hotel Syariah Hilal 1, (2) Hotel Syariah Hilal 2. Adapun  Hotel Syariah Hilal 1 merupakan hotel syariah yang di dalamnya memenuhi sebagian unsur syariah sesuai dengan penilaian usaha hotel syariah yang ditentukan oleh DSN-MUI. Sedangkan Hotel Syariah Hilal 2 merupakan hotel syariah yang di dalamnya memenuhi seluruh unsur Syariah sesuai dengan penilaian usaha hotel yang ditentukan juga oleh DSN-MUI.

Tata cara penilaian Hotel Syariah itu berbentuk list yang akan menilai, apakah sub unsur  terpenuhi atau tidak. Misalnya, apakah persyaratan itu Mutlak (M) atau Tidak Mutlak (TM). Jika memenuhi sebagian unsur syariah sesuai dengan penilaian usaha hotel syariah yang ditentukan oleh DSN-MUI, maka hotel tersebut masuk kategori Hotel Syariah Hilal 1.
Dan jika di dalamnya memenuhi seluruh unsur Syariah sesuai dengan penilaian usaha hotel yang ditentukan juga oleh DSN-MUI, maka maka hotel tersebut masuk kategori Hotel Syariah Hilal 2.
Sebagai contoh, unsur lobby, apakah dalam sub unsur itu tersedia atau tidak, pengeras suara, bacaan Islami atau yang memiliki pesan moral, dan hiasan bernuansa Islami? Kemudian, pada kantor depan, apakah tersedia atau tidak, informasi waktu shalat, informasi tertulis tidak menerima pasangan yang bukan mahram, informasi tertulis tata cara menerima kunjungan tamu bagi penghuni hotel? Kemudian toilet umum, apakah tempat pembuangan air kecil terjaga pandangan atau tidak, apakah juga tersedia alat bersuci dengan air yang praktis atau tidak. Untuk Mushoalla, area shalat laki-laki dan perempuan ada pembatas dengan kondisi yang layak, tersedia perlengkapan shalat, tersedia sistem tata udara, pencahayaan, dan sound system.

Tempat wudhunya, apakah laki-laki dan perempuan terpisah atau tidak, apakah tersedia saluran air bekas wudhu dengan kondisi baik? Sedang interiornya, ornamen (patung dan lukisan) tidak mengarah pada kemusyrikan dan mengandung pornografi/pornoaksi. Di kamar tamu, tersedia penunjuk arah kiblat di langit-langit, tersedia sajadah, mukena dan sarung, jadwal waktu shalat, Al Qur’an, buku doa, lembar motivasi harian muslim, tidak tersedia akses untuk asusila, dan hiasan bernuansa Islami. Sedangkan mini bar, makanan dan minuman yang tersedia bersertifikat halal. Adapun kamar mandi tamu, tersedia alat bersuci dengan air yang praktis di closet, sarana untuk berwudhu yang nyaman, terjaga dari pandangan. Selanjutnya tersedia dapur halal. Untuk kolam renangnya terjaga dari pandangan umum. Sedangkan Spa, ruang terapi untuk pria dan perempuan terpisah, bahan untuk terapi bersertifikat halal dari lembaga yang berwenang.

Aspek Pelayanan
Adapun aspek pelayanan di kantor depan, memberikan pilihan kamar yang bernuansa syariah, memberikan informasi masjid terdekat dengan hotel, memberikan informasi waktu shalat, memberikan informasi kegiatan bernuansa Islami, mempunyai informasi restoran/rumah makan halal, melakukan seleksi terhadap tamu yang berpasangan, serta memutar alunan musik atau lagu rohani Islam pada waktu tertentu.
Di ruang lobby dan koridor, dikumandangkan azan pada setiap waktu shalat, diperdengarkan alunan musik religi pada waktu tertentu, diperdengarkan tilawah Quran juga pada waktu tertentu.
Arean makan dan minum, menyediakan semua makanan dan minuman yang bersertifikat halal dari MUI, menyediakan ta’jil dan makan sahur pada bulan Ramadhan dan sebagainya.

Syarat Hotel Syariah
Adapun serifikasi usaha Hotel Syariah itu mencakup: memilili sertifikatstandar usaha hotel, memiliki penilaian mandiri usaha hotel syariah dan persiapan Sistem Jaminan Halal (SJH), dan memenuhi persyaratan pendaftaran. Kemudian prosedur sertifikasi usaha hotel syariah meliputi: Pengusaha mengajukan permohonan pendaftaran sertifiaksi pada DSN-MUI, lalu DSN-MUI melimpahkan audit SJH kepada LPPOM MUI, dan menetapkan hasil audit SJH. Apabila audit SJH tidak terpenuhi (tidak lulus), maka pengusaha harus memenuhi ketentuan SJH. Apabila audit SJH terpenuhi, LPPOM MUI melaporkan kepada Komisi Fatwa. Lalu Komisi Fatwa memberikan rekomendasi kepada LPPOM MUI untuk menerbitkan Sertifikasi Halal.
Selanjutnya, DSN MUI melakukan audit Pedoman Usaha Syariah, dan menetapkan hasil auditnya. Apabila audit usaha syariah tidak lulus, maka pengusaha melakukan penilaian mandiri lagi. Tetapi, bila lulus, DSN MUI melaporkan hasil audit kepada Badan Pengurus Harian (BPH) MUI. Kemudian BPH MUI memberi rekomendasi kepada DSN MUI untuk menerbitkan Sertifikasi Usaha Syariah untuk diterima oleh pengusaha hotel yang bersangkutan. Untuk pengawasan dan evaluasi penerapan hotel syariah dilakukan oleh Menteri/Gubernur/Walikota/DSN MUI. Dalam melakukan pengawasan, khusus untuk kategori hotel Hilal 2, DSN MUI menunjuk Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang akan melakukan pengawasan secara teknis operasional.

Hotel Syariah di Malang ternyata sudah mulai ada beberapa, yaitu :
  • Hotel Aisyah Syariah
  • Hotel Violet Syariah, beralamat di Jl. KH. Wahid Hasyim no.04, Malang
  • Hotel Gran Kalpataru Syariah, di Jl. Kalpataru no.41, Malang

So, untuk kalian yang ingin dapat penginapan yang aman-aman ajah, lebih baik tidak ada salahnya jika memilih Hotel Syariah ya...^^
---------------------------------------------------------------------------------------------------

Sumber :

Perumusan Teori Akuntansi Syariah

Perumusan teori akuntansi berawal dari,


Akuntansi syari’ah, pada tataran ontology dan epistemology terdapat
kesepahaman antar para pakar akuntansi bahwa akuntansi syari’ah berbeda dengan akuntansi konvensional. Akuntansi syari’ah tidak dapat dilepaskan dari keterlibatan Allah SWT yang terefleksi dari pemenuhan hukum-hukum yang telah ditetapkan-Nya yaitu syari’ah (Islamic law).

Teori perumusan akuntansi syariah


Struktur metode akuntansi syariah

Komparasi antara idealis dengan pragmatis

Metodologi akuntansi syari’ah yang sedang berkembang dewasa ini terbagi menjadi dua kubu. Masing-masing kubu memiliki pendekatan yang berbeda dalam merumuskan akuntansi syari’ah. Satu kubu berusaha keras merumuskan akuntansi syari’ah dari basis keilmuan yang dimiliki Islam. Sedangkan kubu yang lain menghendaki perumusan akuntansi syari’ah berangkat dari kerangka akuntansi konvensional. Hanya saja, masing-masing memiliki keterbatasan sehingga perlu adanya metode lain sebagai alternative yaitu metode. Struktur metode merupakan bentuk integrasi antara nash dan realita (habitus). Metode yang diharapkan dapat menjadi metode dalam perumusan akuntansi syari’ah yang berwatak Indonesianis. wa Allahu a’lam bi’sh-shawab.

Perkembangan Akuntansi Syariah

Dalam perkembangannya ilmu ekonomi dimulai dengan paham Yahudi yaitu mengembangkan bentuk manipulasi atau rekayasa dengan orientasi kebahagiaan dunia dengan penuh materi atau lebih kepada sifat 'Kapitalisme'. Akan tetapi, dalam agama Islam yang berjalan sesuai dengan aturan yang ada dalam Al-Quran dan Hadist memilii peraturan sendiri khususnya dalam hal ilmu ekonomi. Adanya laporan laba rugi contohnya ternyata hanya bertujuan semata-mata untuk pengelolaan kemakmuran para pemodal dan hal tersebut dianggap 'munkar'. Oleh sebab itu, perlu adanya bentuk pendekatan dengan prinsip akuntansi syariah. 

Akuntansi pada dasarnya merupakan suatu bentuk dari seni pencatatan, penghitungan dan mempermudah pembacaan laporan keuangan. Dalam akuntansi konvensional dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Akuntansi Finansial dan Akuntansi Manajemen. Sedangkan, dalam akuntansi syariah, teori dan praktiknya seiring dan sejalan dengan perkembangan ekonomi. Akuntansi syariah merupakan bentuk perbaikan dari akuntansi konvensional itu sendiri dimana dari aktivitas ekonomi tersebut penuh dengan rasa adil dan kemakmuran bagi seluruh umat. Akuntansi syariah tidak berbasis terhadap paham kapitalisme ataupun paham sosialisme.

Menurut Barbara (2008), akuntansi syariah memiliki prinsip yaitu :

  1. Fungsi utama uang adalah alat tukar bukan komoditi yang diperdagangkan
  2. Tidak menggunakan konsep time value of money, tetapi menggunakan economic value of money
  3. Melarang bentuk riba (termasuk bunga Bank - sesuai dengan Jumhur Ulama)
  4. Melarang semua bentuk usaha yang mengandung spekulasi dan judi
  5. Harus produktif dan tidak pada bergantung satu orang saja
  6. Bekerja yang bernilai ibadah
  7. Memiliki prinsip keadilan dan transparasi dalam aktivitas ekonominya
  8. Kewajiban tertib administrasi dalam pertanggungjawaban dunia akhirat dan menghindari terjadinya fitnah
  9. Zakat, infaq, dan Shadaqah sebagai instrumen pemerataan kesejahteraan umat
Berikut merupakan laporan akuntansi syariah :
Tabel 1

Laporan Kuangan Islam/ Syariah

Neraca Akuntansi Islam
Laporan Keuangan
Pokok
Laporan Arus Kas
Aktiva :
Kekayaan/Aktiva

Passiva :
- Sumber dana
waktu terbatas
- Sumber dana
waktu tidak
terbatas
- Akumulasi
margin
keberlanjutan
usaha
1. Neraca
2. Laporan Kinerja
3. Laporan Arus Kas
4. Laporan pengelolaan
SDM –cerminan
keadilan, kewajaran,
dan pemberdayaan
karyawan
5. Laporan sumber dan
penggunaan dana
Zakat, Infaq, dan
Shodaqoh (ZIS)
6. Catatan atas Laporan
keuangan
Komponen Laporan
Arus Kas Meliputi:
- Arus kas Operasi
- Arus kas Investasi
- Arus kas Pendanaan
- Arus kas Bagi Hasil
- Arus kas Zakat,
Infaq, dan Shodaqoh






Tabel 2
Kesetaraan Kegiatan Usaha Bank Syariah lainnya
Lembaga Keuangan non-
Bank
Bank Syariah
> Leasing
> Anjak piutang
> Consumer financing
> Modal ventura
> Pegadaian
> Penjaminan/ Asuransi
=> Ijarah
=> Hawalah/ hiwalah
=> Murabahah
=> Musyarakah
=> Rahn
=> Kafalah
Tabel 3
Komparasi Akuntansi

Bank Konvensional
Bank Syariah
PSAK
PSAK 31 – Akt. Perbankan
·         PSAK 39 – Akt. Perbankan Syariah
·         PSAK 101 – dst. (PSAK Syariah)
Laporan Keuangan
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan arus kas
4. Laporan perubahan
ekuitas
5. Catatan atas lap.
keuangan
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan arus kas
4. Laporan perubahan ekuitas
5. Catatan atas lap. keuangan
6. Laporan perubahan dana
investasi terikat
7. Laporan sumber dan
penggunaan zakat
8. Laporan sumber dan
penggunaan dana kebijakan

Akuntansi syariah akan semakin kondusif berkembang ketika pada wilayah atau negara yang mempraktikkan paham syariah Islam secara penuh.

Rabu, 24 April 2013

Emang Harus Diet????

Ngomongin diet jadi keinget banget sama teman-teman kuliah yang yaaahhh ada sih beberapa anak yang suka rempong sama yang namanya berat badan...naik 1 kg, hebohnyaaaa seperti bakalan mau kiamat..(lebaynya sih gitulahh... :p). Terkadang kasihan juga kalau udah lihat teman yang lagi diet sampai bela-belain nggak makan nasi cuma karena takut "GEMUKK". Padahal gemuk kan imuutt...bedaa sama beberapa temanku, termasuk saya juga yang berbadan kurusss...kami justru pengen banget bisa nambahin berat badan...Yahhh..intinyaa gemuk salahh..kurus juga salaahhh...Yang benernyaa adalah IDEAL atau PROPORSIONAL. 

Ceritanya lagi nggak sengaja, kebetulan lagi nggak ada kerjaan saya memutuskan untuk nonton TV... Ada talk show "Cahaya Illahi" di channel NDTV tanggal 16 April 2013. Ingett bangett kann!!!!...(nyatetnya aja niattt, gimana nggak inget..^^v). Judul yang ditayangkan ketika itu adalah "Diet Ala Rasulullah". Iiihhh..weewww..penasaran juga. Nyimak dehh akhirnyaa...

Ternyataaaa, Rasulullah itu sangat menganjurkan sekali untuk diet, tapii catett..Diet disini maksudnya itu menuju badan yang ideal atau proporsional..bukan diet menuju badan yang kuruss...

Allah  berfirman :
"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raf : 31)

Maksudnyaa makanlah sebelum terasa lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Rasullullah juga berkata bahwa ada dua nikmat yang manusia suka lalai, yaitu :
1. Sehat
2. Waktu Luang

Ada beberapa tips niihh yang harus kita ketahui bersama, catet yaa :
1. Perbanyak minum air putih sehari +/- 8 gelas
2. Jangan makan SUSU dengan DAGING, kenapa??? karena ion (+) yang terkandung dalam makanan tersebut sangatlah berlebihan.
3. Jangan makan IKAN dengan TELUR, ternyata makanan laut tidak boleh dicampur dengan makanan yang mengandung darah. 
4. Jangan makan AYAM dengan SUSU, dannn
5. Jangan makan buah setelah makan nasi, lhoo..kenapa???karena nasi dalam tubuh akan dihancurkan dan dibakar kalorinya sedangkan buah mengandung vitamin yang baik untuk tubuh. Kalau makan buah setelah makan nasi, secara tidak langsung vitamin tersebut akan ikut dihancurkan. Oleh karena itu, yang benar adalah makan buah dulu baru makan nasiii...
6. Jangan sesekali tidak makan malam, kalau tidak badan akan terlihat tua. Kenapaa??...saya juga nggak tahu kenapa itu bisa terjadii..hehheee.. :P
7. Tidur satu jam setelah makan.
8. Puasa Senin-Kamis. Bagus tuhhh...bisa jadi alasan yang baik untuk diet, karena ada keuntungan yang bisa didapat. Dari segi psikis (kejiwaan) kita dituntut untuk lebih sabar dalam menahan segala sesuatu seperti marah dan juga makanan. Kemudian, dari segi fisik (tubuh) dapat memperbaiki organ dan metabolisme dalam tubuh.

Rasulullah juga pernah berkata, isilah perutmu dengan :
1/3 udara,
1/3 makanan
1/3 minuman
dengan begitu penyakit tidak akan mudah datang menyerangmu. Selain itu, dapat umur panjang. Umur panjang bukan berarti umur kita bisa sampe 1.000 tahun yaaa..maksudnya umur panjang disini ialah dengan sisa umur kita membuat bagaimana kita dapat membentuk karakter ibadah yang lebih baik kepada Allah SWT.

Well...Sehat adalah hal terbesar kedua setelah IMAN...

Bagi-bagi cara nih supaya kalian bisa tahu, apakah berat badan kalian ideal atau nggak nihh...

BMI = Berat Badan
           (Tinggi Badan + 100)pangkat 2

Contoh..
Berat badanku 41 kg, tinggi badanku 158 cm..kalau dihitung-hitung jadinyaa...
BMI = 41 kg
          (158+100)pangkat 2
        = 41 kg
             2,5
        = 16,24

Keterangan :
> 17 artinya Underweight
antara 18-21 artinya PROPORSIONAL
< 25 artinya Overweight
< 29 artinya Obesitas

Nah..dari hasil hitunganku dengan keterangan di atas kalian bisa menebaknya sendirii kaannn...^^

Jumat, 25 Mei 2012



Subhanallah..dengan Sedekah Allah Menjaga Hartaku

Bermula dari pengalaman hari Minggu, tanggal 20 Maret 2012 kemarin...Mama mengajak saya ke pasar Minggu di dekat rumah, orang bilang sih namanya Pasar Velodroom...jaraknya sih lumayan jauh jugaa...ditempuh dengan jalan kaki pun membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 10 menit..(katanya deket tapi perjalanan kok 10 menit.... -_-")
Kebetulan ketika saya dan mama keluar dari rumah tidak ada angkot yang lewat, sehingga terpaksa harus berjalan sebentar ke arah AlfaMart, karena biasanya disana ada tukang becak yang suka nongkrong...hehehee...

Ketika berjalan, saya melihat ada sekitar dua orang di tengah jalan sambil membawa bendera dan mungkin bisa kita bilang itu adalah ember yang isinya ada beberapa uang...ternyata setelah saya lihat..orang tersebut membutuhkan dana untuk pembangunan masjid besar di daerah kami...
Saya yang ingin menyebrang tiba-tiba salah seorang yang ditengah jalan tersebut membantu saya dan mama saya menyebrang, akhirnya saya mengeluarkan uang yang anggapan saya hanya sebatas sedekah sekaligus membayar jasanya yang telah membantu saya dan mama saya menyebrang. 

Setelah sampai di Pasar Velodroom..kami berjalan sambil melihat-lihat orang yang sedang asyik melakukan transaksi jual-belinya...selesai itu semua, saya dan mama saya pun ingin pulang dan menuju pintu keluar pasar...Memang saya akui, bahwa saya telah meletakkan handphone saya di dalam saku jaket...Tiba-tiba saya merasa dibelakang saya yang memasukkan tangannya ke dalam saku jaket...Langsung saya melihat saku jaket saya..benar sekali...langsung saya masukkan tangan saya untuk menggegam handphone saya...Mungkin orang tersebut kaget, sehingga saya merasa orang tersebut melepaskan tangannya dari saku jaket saya...Sontak saya melihat orang tersebut, hanya dasar tu orang disangka saya nggak tahu...Saya hanya melihat dan memperhatikan orang tersebut...

Dalam hati...Alhamdulillah..tiba-tiba saya teringat akan suatu perkataan yang mengatakan bahwa "Dengan Bersedekah Allah akan menjaga harta kita"...Subhanallah...ternyata Allah benar-benar menjaga hartaku...So..friends...banyak-banyak bersedekahlah karena Allah...insya Allah, Allah akan memberikan suatu yang lebih untuk diri kita...^^

Minggu, 08 Januari 2012

Happy Brithday Blogger's Ngalam 4th...^^

           Beredar pengumuman dimana-mana, baik berupa pamflet, lembaran-lembaran kertas, sms mobix serta ke masing-masing e-mail mahasiswa tentang Bloger. Dalam hati saya apaan sih??...terbesit rasa penasaran, ada apa dengan pengumuman tersebut...Ternyata akan segera di adakan seminar di Aula kampus kami Padepokan Seni Balekambang - STIE Malangkucecwara Malang, Jawa Timur.
Berikut pengumuman yang saya terima dari e-mail saya...

Seminar Dan Talkshow - Mengenang Sejarah dan Memajukan Budaya

tgl 7 Januari 2012 di Aula (padepokan) STIE Malangkucecwara
Jam 08.00 - selesai

pembicara:

  • MOZILLA Indonesia
  • PANDI, Pengelola Domain Indonesia
  • Dwi Cahyono, penggagas Festival Malang Kembali, Ketua Dewan Pariwisata Jawa Timur
  • Ovan Tobing, mantan pengurus Peresema dan Arema, MC, penyiar Radio
  • Antyo Rentjoko, blogger dan budayawan
  • Ferdi, jurnalis
  • Farid, pengembang aplikasi mobile (blackberry apps)
  • Zamroni, penggiat konten lokal, web developer
dengan tiket Rp 15.000 peserta akan mendapatkan:
  • coffee break
  • makan siang
  • merchandise + doorprize
  • POINT SKKM 5

peserta seminar dan talkshow memiliki kesempatan (gratis) untuk mengikuti acara Jelajah Kota Malang tgl 8 Januari 2012

Info lengkap dan pendaftaran:
Bpk Sandy
Gedung J lt. 1

acara ini dipersembahkan oleh:

didukung oleh:
  • PANDI, pandi.or.id
  • MOZILLA, mozilla.org
  • Kapanlagi.com
  • Lintas.me
  • Yayasan Inggil
  • Ikan Bakar 52
  • Teysa's Sate Steak Coffee
  • dan STIE Malangkucecwara Malang


-- 

Best Regards,

Information Technology Department
STIE Malangkucecwara (d/h ABM)
homepage: www.stie-mce.ac.id
phone: +62 0341 491813 ext. 124, 125, 127

           Dalam hati saya, mahal sekali seminar ini, udah bayar Rp.15.000 dapat SKKM pun hanya 5. Apa hubungannya memajukan budaya dengan Blog...Jujur, tergerak juga dalam hati saya kok pingin ikut ajaa..."Waa..sesuatu niii...". Saya coba ajak teman-teman dekat saya, alasannya sama dengan hati buruk saya yang tidak suka dengan seminar mahal tapi SKKM tidak mendukung. Ahh..okelah, nggak apa-apa. Tertuju kepada pacar saya, saya coba rayu dia untuk mau menemani saya, ternyata dia mulai tidak lagi setia, dia lebih memilih mencari jurnal untuk skripsinya dibandingkan seminar kali ini (ya iyaaalaahhh...MSc gitu (Mau Sarjana coyy...)), ditambah lagi dia paling tidak suka membaca apalagi menulis haduuhhh...agak sangat diragukan sekalii...Awalnya saya berpikir dua kali untuk mengikuti seminar kali ini, ikut nggak yahh??....
            Tiba-tiba datang teman saya, ceritanya sih curcol (curhat colongan), dalam pikiran terlintas, kenapa nggak coba ngajak ni anak ajaa..walaupun nggak deket-deket banget, siapa tau aja dia mau...Sedikit-sedikit saya selingin tentang seminar ini, dan akhirnyaa...Alhamdulillahhh...dia berkenan...Langsung saja kami menuju Gedung J mencari dosen IT yang bernama Bpk.Sandynata. Kami mendaftarkan diri dengan percaya dirinya, hehehheeee....
            Tanggal 7 itupun tiba dan acarapun dimulai...Awalnya saya tidak mengetahui apa-apa. Tapi, ya okelah..biarin...Ternyata, kebanyakan yang datang adalah Bloger-Bloger Community di masing-masing daerah yang ada di Jawa Timur. Waauuu...awesome...itulah appreciative yang ada dalam hati saya. Ada talk show yang diisi oleh narasumber-narasumber yang sangat inspirator abiss...Baru saya ketahui, ternyata seminar ini adalah perayaaan ulang tahun Bloger Malang yang udah 4 tahun (lumayan masi baruu..tapi cukup keren juga acaranya)...dan rasa penasaran akan seminar ini benar-benar terbayar sudah. Walaupun punggung rasanya mau bongkok, kaki sampai kesemutan berkali-kali pertanyaan akan rasa nggak nyambung saya mengenai, "Apa hubungannya Blog dengan Memajukan Budaya" sudah saya ketahui...ternyata dengan Blog kita bisa menulis akan perubahan budaya yang benar-benar sangat berubah di Kota Arema ini, kita dapat membagikan info tentang segala kebudayaan kita kepada dunia internasional. Tapi wujud appresiasi itu tidak hanya diwacanakan dalam dunia maya saja akan tetapi juga akan kehidupan nyata juga. 

          Seminar yang sangat menarik...SKKM bukan lagi pikiran saya saat itu, yang ada dalam pikiran saya saat itu adalah betapa mirisnya bahwa bangunan yang dulunya sangat banyak sekali cerita sejarahnya justru telah dirobohkan dan dibentuk menjadi bangunan-bangunan modern yang tidak mencerminkan bahwa bangsa kita adalah "Bangsa yang selalu ingat akan sejarahnya". Bagaimana anak cucu akan lebih paham akan cerita sejarah, kalau bangunan-bangunan peninggalan kini berubah menjadi bangunan modern???....
          Sedih mendengarnya apalagi kalau melihatnya... :"<