Rabu, 24 April 2013

Emang Harus Diet????

Ngomongin diet jadi keinget banget sama teman-teman kuliah yang yaaahhh ada sih beberapa anak yang suka rempong sama yang namanya berat badan...naik 1 kg, hebohnyaaaa seperti bakalan mau kiamat..(lebaynya sih gitulahh... :p). Terkadang kasihan juga kalau udah lihat teman yang lagi diet sampai bela-belain nggak makan nasi cuma karena takut "GEMUKK". Padahal gemuk kan imuutt...bedaa sama beberapa temanku, termasuk saya juga yang berbadan kurusss...kami justru pengen banget bisa nambahin berat badan...Yahhh..intinyaa gemuk salahh..kurus juga salaahhh...Yang benernyaa adalah IDEAL atau PROPORSIONAL. 

Ceritanya lagi nggak sengaja, kebetulan lagi nggak ada kerjaan saya memutuskan untuk nonton TV... Ada talk show "Cahaya Illahi" di channel NDTV tanggal 16 April 2013. Ingett bangett kann!!!!...(nyatetnya aja niattt, gimana nggak inget..^^v). Judul yang ditayangkan ketika itu adalah "Diet Ala Rasulullah". Iiihhh..weewww..penasaran juga. Nyimak dehh akhirnyaa...

Ternyataaaa, Rasulullah itu sangat menganjurkan sekali untuk diet, tapii catett..Diet disini maksudnya itu menuju badan yang ideal atau proporsional..bukan diet menuju badan yang kuruss...

Allah  berfirman :
"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al-A'raf : 31)

Maksudnyaa makanlah sebelum terasa lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Rasullullah juga berkata bahwa ada dua nikmat yang manusia suka lalai, yaitu :
1. Sehat
2. Waktu Luang

Ada beberapa tips niihh yang harus kita ketahui bersama, catet yaa :
1. Perbanyak minum air putih sehari +/- 8 gelas
2. Jangan makan SUSU dengan DAGING, kenapa??? karena ion (+) yang terkandung dalam makanan tersebut sangatlah berlebihan.
3. Jangan makan IKAN dengan TELUR, ternyata makanan laut tidak boleh dicampur dengan makanan yang mengandung darah. 
4. Jangan makan AYAM dengan SUSU, dannn
5. Jangan makan buah setelah makan nasi, lhoo..kenapa???karena nasi dalam tubuh akan dihancurkan dan dibakar kalorinya sedangkan buah mengandung vitamin yang baik untuk tubuh. Kalau makan buah setelah makan nasi, secara tidak langsung vitamin tersebut akan ikut dihancurkan. Oleh karena itu, yang benar adalah makan buah dulu baru makan nasiii...
6. Jangan sesekali tidak makan malam, kalau tidak badan akan terlihat tua. Kenapaa??...saya juga nggak tahu kenapa itu bisa terjadii..hehheee.. :P
7. Tidur satu jam setelah makan.
8. Puasa Senin-Kamis. Bagus tuhhh...bisa jadi alasan yang baik untuk diet, karena ada keuntungan yang bisa didapat. Dari segi psikis (kejiwaan) kita dituntut untuk lebih sabar dalam menahan segala sesuatu seperti marah dan juga makanan. Kemudian, dari segi fisik (tubuh) dapat memperbaiki organ dan metabolisme dalam tubuh.

Rasulullah juga pernah berkata, isilah perutmu dengan :
1/3 udara,
1/3 makanan
1/3 minuman
dengan begitu penyakit tidak akan mudah datang menyerangmu. Selain itu, dapat umur panjang. Umur panjang bukan berarti umur kita bisa sampe 1.000 tahun yaaa..maksudnya umur panjang disini ialah dengan sisa umur kita membuat bagaimana kita dapat membentuk karakter ibadah yang lebih baik kepada Allah SWT.

Well...Sehat adalah hal terbesar kedua setelah IMAN...

Bagi-bagi cara nih supaya kalian bisa tahu, apakah berat badan kalian ideal atau nggak nihh...

BMI = Berat Badan
           (Tinggi Badan + 100)pangkat 2

Contoh..
Berat badanku 41 kg, tinggi badanku 158 cm..kalau dihitung-hitung jadinyaa...
BMI = 41 kg
          (158+100)pangkat 2
        = 41 kg
             2,5
        = 16,24

Keterangan :
> 17 artinya Underweight
antara 18-21 artinya PROPORSIONAL
< 25 artinya Overweight
< 29 artinya Obesitas

Nah..dari hasil hitunganku dengan keterangan di atas kalian bisa menebaknya sendirii kaannn...^^

Tidak ada komentar: